AdSense Page Ads

Thursday, July 30, 2020

Gengsi



Ngeliat postingan Instagram tentang artis Mary-Kate Olsen yang tas Birkin nya dipakai dengan cuek banget sampai kelihatan goresan kanan kiri. Duh itu lifegoal banget ya.

Buat saya, orang yang 'mampu' beli barang adalah yang nggak takut barangnya rusak. Ya udah gitu kalo rusak, tinggal beli baru. Barang juga dibeli untuk dipakai kan, bukan untuk dipajang? Kalo kena noda setitik udah stress kayak ditinggal pacar, yeah mohon maaph ye abang none mungkin elu belum sanggup beli berarti.

Beda lho sama barang sentimental. Mungkin kado terakhir dari Papa atau hadiah pertama dari Ayang, jadilah disayang-sayang takut rusak. Mau cari dimana lagi yang ada nilai sentimental begitu? Tapi kalau beli sendiri dan stress karena takut rusak soale beli mahal, duh gimana ya bilangnya…

Saya lupa artis mana yang bilang: kalo elu nggak sanggup beli barang itu dua kali sekaligus, berarti elu nggak sanggup beli. Mau ipon, kalo elu nggak sanggup beli dua sekaligus ya berarti elu ga mampu. Apalagi kalo elu beli satu tapi angsurannya 3 tahun. Yakin emang benar perlu ipon itu?

Atau saat heboh sepeda Brompton yang konon paling murah $1600. Saya iseng ngecek sepeda Brompton di website amrik masih sold out lho, yang saya curiga diborong sama orang Indonesia semua. Mohon maaph ya sodara-sodara, ini emang punya duit dan butuh, ato (sebenarnya nggak) punya duit dan kagok?

Masalahnya kita cepat banget silaunya. Ngeliat barang mahal dan langsung mata berbinar. Mahal lho, belum tentu bagus atau berkelas. Langsung orang yang ngebawa barang ini kita pandang dengan berbinar-binar dan bahkan penuh harap agar kecipratan kaya. Si orang yang ngebawa barang pun jadi terbawa dan merasa paling te o be sedunia.

Akhirnya besok-besok yang cuman ngeliat jadi ingin punya, ingin ngebawa supaya juga jadi te o be. Yang ngebawa pun jadi kecanduan dengan perasaan te o be ini dan tertantang untuk terus upgrade barang bawaannya biar bisa tetep jadi tenar. Yang untung ya para mas mbak online shop dan jastip. Sama rentenir atau tukang gadai #eh . 

Buat saya orang mampu itu bukan yang gonta-ganti tas mahal atau aksesoris mewah tiap ketemu. Orang mampu itu yang kalau barang yang dia pakai/punyai rusak, dia nggak panik. Orang yang jadi histeris nggak mau jaket anti air bermerknya basah dikala hujan ya gimana ya. Atau yang tiap hang out selalu sibuk "HATI HATI SAMA BARANG GUE".

Sekali lagi, memang ada orang-orang yang super neat, super rapi dan bersih. Kita harusnya bisa melihat bedanya. Kalau bajunya yang cuma kaos oblong terpercik minuman dia udah blingsatan, wajar kalau hapenya kena saos capcay dia seperti mau mati. Tapi kalau raungannya "Mahal inihhhhh" ya lagi-lagi, yakin elu mampu beli?

Pamer barang adalah tanda ketidak-percayaan diri dan kebutuhan untuk divalidasi oleh lingkungannya. Lagi-lagi ya, nggak kenapa kalo hobinya memang koleksi Hermes (melirik sirik), atau memang menggunakannya sebagai sarana investasi. Tapi saat punya barang sekedar untuk "LOOK AT ME GUE SANGGUP" itu kok kasihan banget ya.

Tugas kita bukan menertawakan orang-orang ini, walau kadang memang konyol dan kocak. Tugas kita untuk memastikan kita pribadi nggak sekonyol ini. Syukur-syukur bisa membantu mengingatkan teman-teman yang sekiranya menuju jurang kegelapan ini. Bahwa nggak kenapa elu ga punya barang mahal asal pikiran damai dan bahagia. Nggak kenapa elu emang malas punya barang mahal karena tahu nggak bisa ngurus.

Lalu setelah ini tulisan saya dipakai untuk justifikasi "tuh kan memang pamer itu kesian banget" dan ajang nyinyir raya. La elah, sama aja dong. Ingat bahwa sirik itu tanda tak mampu. Tulisan ini faedahnya untuk mengingatkan agar kita punya barang mahal saat kita mampu dan butuh, jangan karena terlena oleh orang-orang yang memuja dan menyembah saat kita punya barang.

Ini susah karena kebanyakan orang di Indonesia saya rasa masih silau. Kalau menenteng iPhone mendadak bikin orang yang interview pekerjaan kita jadi nggak banyak tanya, kenapa nggak? Atau pinjaman ke Bank bisa lancar jaya karena bawa tas mahal (sewaan)? Terkadang hal-hal seperti ini membuat memiliki, atau setidaknya menenteng, barang mahal jadi bermakna.

Sekali lagi pelan-pelan. Semua harus dimulai dari diri kita sendiri. Kita yang harus sanggup membedakan kapan kita sanggup (dan butuh) membeli sesuatu dan kapan kita tidak mampu (dan tidak butuh). Kita yang harus bisa jujur dan bilang, "Nggak deh". 

Gengsi itu nggak akan habis dikejar. Selalu ada langit diatasnya langit. Selow aja jadi ya mas dan mbak.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog