AdSense Page Ads

Wednesday, May 12, 2010

To all Bali dudes: Hidup Udeng-genic!

Sudahkah saya bilang kalau cowok Bali itu udeng-genic? Seandainya saya belum bilang, mereka SANGAT udeng-genic!
In case kalian belum tahu, udeng adalah ikat kepala resmi yang dipakai oleh pria bali untuk acara adat/ke pura.

Kadang-kadang tour guide atau turis yang notabene bukan orang Bali juga pakai seh, tapi efeknya ga sedahsyat kalau cowok Bali yang pakai ;)

Saya juga ga tau kenapa, tapi kalau cowok bali sudah pakai udeng+pakaian adat resmi, mereka terlihat sangat berbeda. Kalau ketemu sehari-hari sih biasa aja, tapi pas ketemu mereka dengan pakaian adat resmi...hmmm.... :)

Untuk pakaian adat saya bisa mengerti sih, karena pakaian adat bali (baju safari) itu jatuhnya pas dibadan/ngebentuk badan dan (terutama bahu), jadi terlihat gagah. Sementara kain yang mereka pakai sebagai bawahan, bila dipakai dengan benar juga memberikan kesan kuat, tidak feminim. Nah, kalau untuk ikat kepala alias udeng ini yang saya ga ngerti kenapa. Pakai kaos + kain atasnya pake udeng pun terlihat lumayan ok lho (untuk acara casual), tapi kalau pakaian adat resmi ga pake udeng kayanya ada yang kurang. Jadi bisa dibilang (paling nggak menurut saya) udeng itu mempengaruhi banget.

Apa ini saya aja yang terlalu narsis sama suku saya? Pastinya yang suku Jawa juga merasakan hal yang sama dong sama Batik dan Blangkon? Atau Padang atau Palembang? Well, sebenarnya sih info ini ga penting dan terserah selera masing-masing seh hehehehe. Yang jelas karena hari raya sudah menjelang, mendingan saya siap-siap untuk (cuci mata di) hari raya :)

3 comments:

  1. sepertinya memang pakaian adat secara tidak sadar memang dirancang cocok dengan karakteristik suku masing2; saya kebetulan juga pernah berpikir hal sama... hehehee;

    orang Bali cocok banget dengan pakaian adatnya, perempuan Bali kelihatan cantik - cantik dengan pakaian adatnya; demikian juga dengan perempuan Cina, saya suka lihat dengan pakaian daerahnya...termasuk juga untuk yang lainnya...coba deh perhatikan^^

    ReplyDelete

Search This Blog