AdSense Page Ads

Monday, May 23, 2011

Aturan 10,000 Jam

"The key to success in any field is, to a large extent, a matter of practicing a specific task for a total of around 10,000 hours."

Apa persamaan Beatles (band super terkenal dari Inggris) dan Bill Gates (pendiri Microsoft)? Selain sama-sama sukses dan sama-sama luar biasa kaya, dan sama-sama dianggap "dewa" di bidangnya?
Mereka sama-sama berjuang dan berlatih selama lebih dari 10,000 jam di bidangnya. Hal ini yang kemudian menentukan kesuksesan mereka dan tentunya, kekayaan mereka yang melimpah ruah.
Waktu belum terkenal, The Beatles bermain di Hamburg, Jerman selama lebih dari 1200 kali, selama kurang lebih 8 jam sekali manggung. Bill Gates sudah mulai memprogram komputer dari umur 13 tahun dengan komputer SMP nya, dan saat dia dropout kuliah untuk mendirikan Microsoft dia sudah mengerjakan program komputer selama 10,000 jam.



Ini boleh dipercaya atau tidak, namun sementara mari kita beranggapan bahwa ini benar adanya. Seperti kata pepatah, practice make perfect.
Bila kita berasumsi ini benar, maka apa yang bisa kita lakukan untuk menjadi master/ahli/sukses dibidang kita? Ya itu tadi, mengerjakan hal yang sama selama 10,000 jam. Berarti untuk jadi sales yang baik perlu 10,000 jam melayani customer, untuk jadi fotografer/videografer yang hebat perlu 10,000 jam menggunakan kamera, untuk jadi editor handal perlu 10,000 jam mengedit.

Kedengarannya banyak ya? Sebenarnya nggak juga. Andaikan kerja selama 8 jam perhari, 25 hari per bulan, maka hanya dibutuhkan waktu 4 tahun lebih sedikit untuk menjadi ahli di bidang pekerjaan anda sekarang.
Ok, mungkin anda tidak terlalu suka dengan pekerjaan anda yang sekarang karena lebih suka pekerjaan sebagai pesulap (misalnya). Tidak ada larangan bagi Anda bisa berlatih menjadi pesulap, dan saat mendekati 10,000 jam saya yakin anda sudah (nyaris) menjadi pesulap handal. Tapi bila anda masih stuck dengan pekerjaan anda skarang, kenapa tidak melakukannya dengan maksimal? Dalam 4 tahun lebih sedikit anda bisa menjadi ahli dan (sangat mungkin) sukses di bidang tersebut, plus ahli dalam bidang sulap (bila anda juga berlatih 8 jam/hari, 25 hari/bulan). Double Success ceritanya.

Sebaliknya, 10,000 jam melakukan hal yang "sedang-sedang" saja maka akan melakukan hasil yang "sedang-sedang" saja. 10,000 jam mengasah kemampuan bersantai anda maka akan menghasilkan "ahli bersantai" (terdengar seperti Nobita nya Doraemon hehehe). Jadi kenapa tidak melakukan yang terbaik di bidang pekerjaan anda dan mendapatkan hasil maksimal? Think big, aim high. Berpikirlah hal-hal yang besar, dan incarlah sesuatu yang hebat. Toh anda ga rugi apa-apa. Semakin ahli anda maka semakin mudah pekerjaan anda, dan semakin berharga "nilai diri" anda. Percaya deh, mutu kehidupan pun akan meningkat ;)

Seperti dalam General Meeting terakhir, anda "besok" adalah anda "sekarang", karena "besok" pada hari nya akan menjadi "sekarang". Jadi jangan buang waktu lagi. Mulai target 10,000 jam anda sekarang :).

NOTE: Many thanks to HRD kantor saya yang sudah mengijinkan saya share salah satu "internal employment motivation note" ini. It's a gem!

*Picture taken from acus.org

2 comments:

  1. aku suka artikel motivasi sejak SMP bahkan sampai hampir wisuda ini =)

    penasaran, kenapa harus "kucing hitam jalan-jalan"?

    ReplyDelete
  2. Makasi mas Aang :)

    Kenapa kucing hitam jalan jalan? Karena kucing punya kesempatan untuk melihat hal-hal yang ga terlihat/ga kita sadari di keseharian kita saat dia jalan-jalan santai: perasaan kita, tindakan kita, etc. Jadilah si kucing hitam jalan-jalan terus ;)

    ReplyDelete

Search This Blog