AdSense Page Ads

Monday, December 19, 2011

Ooopsie, Bad Joke!

Dari infojakarta: Kami mohon maaf untuk sensitifitas feedback yg muncul dari tweet #jktketawa kami. terlepas dari kesalahan personal admin, management...

Well, that settles it :)

@infojakarta adalah salah satu akun twitter favorit saya yg selalu nge share info-info menarik tentang Jakarta, dan seringkali joke-joke yang bikin saya ngakak sendiri. Sayangnya salah satu joke nya kemarin kurang tepat dan (seolah) mengolok penderita bibir sumbing. Reaksi follower nya beragam: ada yang keras menegur, ada yang sinis (menyarankan buka akun baru khusus joke. Please deh oom), ada yang ekstrim dan langsung unfollow. Anyway, reaksinya beragam.

Kapan joke itu dibilang gagal/menyinggung? Saya ga terhibur dengan joke yang main fisik/ras/agama etc, namun bila kita aware itu yang selalu terjadi. Film warkop, iklan-iklan yang menegaskan kalau perempuan tidak kurus/putih maka ia tidak akan dapat pasangan, tweet-tweet agamis yang menghujat pemeluk agama lain, komentar-komentar tidak beradab di berita online, acara (ala) ketoprak di salah satu tv swasta yang penuh joke fisik dan kekerasan (saya masih ingat saat salah satu personelnya merusak simbol agama, dan jujur saat mereka minta maaf kelihatan banget mereka ga rela). Semua ini juga menyinggung orang lain yang "berbeda".

Saya menghargai para mas dan mbak yang sudah menegur akun yang menyinggung orang lain, semoga para mas dan mbak yth tersebut juga peka terhadap joke-joke atau berita miring/diskriminatif yang menyinggung orang lain. Kalau anda bisa dengan tegas membela penderita bibir sumbing atau autisme, maka anda juga bisa dengan tegas membela pemeluk agama lain yang dihujat atau gadis berkulit gelap yang digambarkan sulit dapat pasangan. Just try to be easy saat negur, siapa tahu mereka ga bermaksud jahat dan cuma ga peka atau kepleset :)

3 comments:

  1. joke memang 'untung2an', ktika mdapati orng yg sdng sensi joke jd ssuatu yg rude, tp ktika joke d lontarkn kpd orng yg sdg happy joke cuma akn jd joke... :) nice posting

    ReplyDelete
  2. gw juga baca itu pas twit yang itu hihihii...

    ReplyDelete
  3. @NF: Betullll
    @Mila: xixixi tumben pada kepleset...

    ReplyDelete

Search This Blog