AdSense Page Ads

Wednesday, December 5, 2012

Life Starts Here - Pelajaran dari Iklan

Saya bahagia melihat iklan Nutrilon Royal yang baru. Anak-anak yang bahagia, melakukan hal-hal yang biasa dilakukan oleh anak-anak dan bukan fake/palsu seperti iklan susu formula lainnya.

Dalam iklan Nutrilon Royal, anak-anak di shoot sedang melakukan hal hal yang biasa mereka lakukan namun dengan narasi yang bagus. Mereka dipanggil "Sang Pemimpi" (gadis kecil yang mendengarkan gramofon), "Sang Petualang" (anak laki-laki yang melompat untuk berenang), "Sang Penemu" (anak kecil yang menemukan cacing/serangga), dan seterusnya.

Bukankah ini yang paling berarti untuk anak-anak? Para penemu cilik kita, para pemimpi cilik kita, para petualang cilik kita? Hidup selalu menyenangkan untuk anak-anak, penuh dengan harapan dan angan-angan. Masa depan bagi mereka adalah konsep yang abstrak, sesuatu yang dipaksakan oleh orang dewasa di sekitar mereka. Bagi mereka, hidup adalah permainan, penemuan, kehidupan. Goal mereka bukan besok atau tahun depan atau 10 tahun lagi, tapi hari ini. Tiap hari adalah pencapaian, pembelajaran untuk masa depan mereka.

Inilah yang seharusnya diingat oleh para orangtua. Iklan-iklan lain menunjukkan anak-anak yang "pintar" karena bisa memakai baju sendiri, membawakan minuman untuk tamu, menyambut dan mengucapkan salam. Ini sesuatu yang diajarkan atau ditiru, tapi ini buat saya adalah versi orang dewasa mini. Begitu pula iklan susu yang menyatakan "anak yang berjiwa pemimpin. Satu, jiwa pemimpin itu bawaan. Dua, tidak bisakah anak-anak berkembang tanpa dilabeli nilai-nilai orang dewasa?

Satu iklan lagi yang saya suka adalah iklan Bebelac, dimana anak-anak menyanyikan potongan lagu "You Are My Everything" untuk ibu mereka. Ini sangat menyentuh, dan buat saya kehangatan/kasih sayang ini lebih menjanjikan untuk masa depan mereka daripada kemampuan dini untuk mengerjakan tugas sehari-hari. Mereka punya waktu seumur hidup untuk mengasah itu kok, namun kasih sayang dan impian harus ditanamkan dari kecil sebelum mereka menjadi pesimis oleh tekanan hidup seiring bertambahnya umur mereka. 

Saya bukan jualan susu lho, terserah anda mau memakai produk apa. Yang ingin saya tawarkan adalah perubahan pola pikir dan sudut pandang. Saya rasa saya memiliki sedikit "Peter Pan Syndrome". Saya tidak beranjak dewasa, atau setidaknya untuk hal-hal tertentu. Saya punya harapan, kepercayaan, antusiasme seorang anak kecil. Bagi saya hidup itu indah, hidup itu mudah. Saya percaya besok bisa lebih baik, saya percaya saya mampu menghadapi "Esok", dan saya mau belajar dan menikmati hal-hal baru. Inilah yang anak-anak anda rasakan. Inilah yang seharusnya mereka miliki di usia muda. Life starts here.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog